Batubara Kalimantan

Batubara merupakan salah satu sumber energi terbesar yang ada di Indonesia dan menjadi alternatif bahan bakar untuk berbagai kebutuhan industri. Salah satu dari yang terbaik adalah Batubara Kalimantan. Sebenarnya, penyebaran batubara didunia bisa dibilang cukup rata dan batubara bisa ditemukan dimanapun. Untuk Indonesia sendiri, wilayah penghasil batubara terbesar adalah Sumatra Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Sehingga, banyak berdiri perusahaan maupun penambang batubara diprovinsi-provinsi tersebut karena potensi kekayaan batubaranya yang melimpah. Di Indonesia sendiri, batubara dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti pembangkit listrik juga berbagai industri.

Indonesia menjadi salah satu produsen batubara terbesar didunia. Tidak heran jika kebutuhan ekspornya lebih tinggi dibanding pemanfaatan dalam negeri. Maka, produksi batubara di beberapa daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia seperti di Kalimantan memang terus digencarkan demi memenuhi permintaan. Batubara thermal adalah jenis batubara yang paling banyak diproduksi penambang Indonesia dengan kelas menengah dan rendah. Kualitas batubara di Indonesia cukup bisa diandalkan bahkan untuk kelas barang ekspor, batubara Indonesia selalu terjamin. Kalimantan menjadi salah satu area dimana kandungan batu baranya kaya.

Selama satu dekade terakhir, kondisi industri batubara dunia termasuk industri Batubara Kalimantan memang mengalami naik turun. Hal tersebut sehubungan dengan menurunnya harga jual batubara dipasar dunia sebagai akibat dari menurunnya jumlah permintaan batubara. Sebagai bahan bakar fosil, batubara mengandung banyak karbon. Penggunaannya yang dibakar untuk menghasilkan energi tentu akan membuat emisi meningkat dan bisa memperparah global warming. Disinilah hadir pro kontra penggunaan batubara sebagai bahan bakar industri. Namun, tidak bisa dipungkiri pula bahwa batubara menjadi salah satu alternatif andalan bagi para pelaku industri karena ia bernilai ekonomis.

Di negara-negara berkembang, bahan bakar tentu sangat dibutuhkan untuk membantu negara agar bisa tumbuh dan sejajar dengan negara-negara maju lain didunia. Bahan bakar berperan penting dalam laju berbagai industri disebuah negara sehingga sebuah negara akan sulit jika tidak didukung dengan pasokan bahan bakar yang memadai. Minyak bumi merupakan bahan bakar dengan penggunaan terbesar didunia mencapai 33%. Namun, cadangan minyak bumi saat ini semakin menipis dan harganya semakin tinggi. Akan sulit bagi sebuah negara untuk bisa memenuhi kebutuhan minyak bumi dengan kondisi seperti itu. Maka, batubara dipilih sebagai solusi terbaik untuk sebuah negara berkembang bisa tetap membangun negerinya dengan biaya yang bisa ditekan.

Industri batubara dunia mengalami kondisi naik turun dan mau tidak mau hal tersebut juga mempengaruhi kondisi industri batubara di Indonesia. Meskipun begitu, Bank Dunia memprediksi bahwa tahun 2017 ini, meskipun tidak akan mengalami peningkatan yang signifikan, namun industri batubara dunia diprediksi bisa mengalami perkembangan yang cukup baik dengan permintaan yang bisa kembali normal. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi para pelaku industri batubara maupun industri lain yang membutuhkan pasokan batubara untuk menjalankan berbagai usahanya.

Batubara Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dengan batubara produksi negara lain penghasil batubara seperti Amerika. Coal Investor merupakan salah satu perusahaan penambang batubara yang berlokasi di Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu pemasok batubara di Indonesia. Coal Investor menyediakan berbagai jenis Batubara Kalimantan dengan jumlah pasokan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Coal Investor bahkan selalu bersedia untuk melakukan kerjasama beserta industri dalam dan luar negeri dan akan memasok batubara sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.